Perangkat Keras Pembangun Internet



PERANGKAT KERAS PEMBANGUN JARINGAN INTERNET

Pernahkah kamu memperhatikan mengapa kita bisa berinternet atau mengapa ketika kita bisa mengakses informasi dari luar negeri melalui komputer yang kita miliki di rumah atau di kantor? Itu semua karena adanya jaringan komputer, nah apa sajakah perangkat keras (hardware) yang membangun karingan komputer itu?? Perangkat keras itu adalah:
  1. Komputer: komputer adalah komponen utama untuk dapat mengakses internet. Kemampuan sebuah komputer sangat menentukan cepat lambatnya proses akses internet yang kita lakukan.
Perangkat keras komputer terdiri atas:
  • Monitor:yang fungsinya adalah sebagai alat keluaran yaitu menampilkan data ataupun informasi sesuai dengan apa yang kita proses, bisa berupa teks, gambar, video, dll.
  • CPU (Central Processing Unit) : memiliki fungsi sebagai pusat tempat pemrosesan segala data yang kita kerjakan.
Perangkat standard dari sebuah CPU untuk internet adalah:

  • 1) Mainboard :












    2) Processor







    3) RAM








    4) Harddisk











    5) CD Drive









    Keyboard: yang berfungsi sebagai alat masukan, terutama untuk memasukkan data berupa teks.
    2. Modem (modulator demodulator):
    Modem dapat berupa:
    a. Modem internal: adalah modem yang dipasang langsung didalam CPU terlebih khusus dipasang pada slot ekspansi yang tersedia pada mainboard.









    b. Modem eksternal: modem yang dipasang diluar CPU computer. Modem eksternal dipasang melalui port com atau USB.









    Modem merupakan perangkat keras yang menghubungkan komputer dengan jaringan telepon, karena modem memiliki fungsi untuk mentransfer data dari data komputer menjadi data elektromagnetik yang memungkinkan data itu terkirim melalui jaringan telepon ataupun satelit. Pada masa sekarang ini, modem yang banyak digunakan adalah modem eksternal karena pemasangannya yang mudah, bahkan orang mulai menggunakan wi-fi yaitu modem yang memungkinkan kita untuk bisa mengakses internet dimanapun kita berada, baik kita dirumah, di kantor, di halaman, di tepi pantai, didalam mobil, dsb, karena wi-fi adalah modem yang tidak dihubungkan dengan kabel telepon tetapi dengan menggunakan frekwensi radio atau gelombang radio. Pada umumnya modem ini digunakan pada laptop/ notebook. Selain itu, ada juga modem kabel, yaitu modem yang menghubungkan komputer dengan TV jaringan kabel. Modem dengan jaringan TV kabel adalah akses internet yang menyediakan kecepatan akses yang lebih tinggi dibandingkan dengan modem lainnya. Untuk bisa mengakses internet lewat modem kabel, maka pengguna harus mendaftar kepada penyedia kayanan TV kabel dan ISP (Internet Servoce Provider). Selain beberapa contoh di atas, kita juga bisa menggunakan telepon seluler (Handphon) sebagai modem.
    3. Jaringan Telepon: adalah syarat yang sangat penting dalam membangun internet disamping itu, jaringan telepon juga lebih murah dalam mengakses internet.






    Selain perangkat keras diatas, untuk membentuk jaringan komputer maka dibutuhkan juga sebuah Hub/ switch yang befungsi untuk menggabungkan beberapa komputer dalam satu jaringan (pada umunya LAN).

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Mohon berikan komentar anda tentang blog atau posting dalam blog ini.