Cara Mengubah Format Tanggal pada Komputer

Biasanya ketika kita mengolah data menggunakan Ms. Excel, terkadang kita diperhadapkan dengan pekerjaan mengisi tanggal lahir yang formatnya sudah ditentukan (sebagai contoh pada Aplikasi Administrasi Guru BUATAN SAYA, hehehe promosi dikit....!!!!). Dan ketika kita mengisi data sesuai format yang sudah ditentukan, hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Hal seperti ini dikarenakan format tanggal pada komputer yang tidak sesuai dengan apa yang diminta, sehingga kita harus merubah format tanggal tersebut agar sesuai dengan apa yang kita harapkan. (saya menulis posting ini setelah ada beberapa teman yang bertanya tentang masalah yang mereka hadapi seperti di atas).
Pada kesempatan ini, saya coba berbagi dengan sobat semua tentang cara merubah format tanggal pada komputer/ laptop.

Mari kita langsung ke TKP.
Mohon maaf sebelumnya, karena taskbar di komputerku aku tampilkan di bagian atas, jadi mungkin agak beda dengan tampilan layar monitor komputer sobat.  

1. Klik tampilan tanggal di taskbar (biasanya ditampilkan di sudut kanan bawah layar monitor) maka akan ada tampilan seperti gambar berikut :


2. Klik pada tulisan Change date and time setting pada bagian bawah menu popup yang ada jam dan kalendernya, maka akan ada tampilan seperti gambar berikut:


3. Pada tampilan seperti gambar di atas, klik menu Change date and time di sebelah gambar jam, maka akan ada tampilan seperti berikut ini:


4. Pada tampilan seperti gambar di atas, klik pada menu Change calender settings, maka akan muncul lagi tampilan seperti gambar berikut:


5. Silahkan ubah format tanggal sesuai yang anda inginkan pada bagian Date formats - Short date, atau klik anak panah pada bagian kanan baris Short date untuk menampilkan pilihan format tanggal seperti pada gambar dibawah ini lagi:



6. Silahkan pilih format tanggal sesuai yang diinginkan atau apabila format yang kita harapkan belum ada pada pilihan format seperti pada gambar di atas, ya silahkan di ketik aja sendiri seperti pada poin 5 diatas. Setelah itu silahkan klik menu Apply setelah itu Ok, atau langsung klik Ok aja kalau menu apply-nya buram. Terus klik Apply dan Ok terus pada setiap menu popup yang ada sampai tertutup semuanya. Selesai.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang cara mengganti format tanggal pada komputer atau laptop.  Semoga bermanfaat untuk sobat semua. Terima kasih.

2 komentar:

  1. pada excel untuk mengubah format contoh : 120500 menjadi 12 Mei 2000
    Jika berkenan memberikan rumus excellnya, saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin sudah dapat jawabannya ya (maaf karena baru baca). Kalo belum ini cara sederhananya: klik kanan pada sel kemudian pilih format cell trus pilih date trus pilih format sesuai yang diinginkan setelah itu klik ok. setelah itu ketikkan lagi 12/05/2000.

      Hapus

Mohon berikan komentar anda tentang blog atau posting dalam blog ini.