Sejarah Internet


Pengertian Internet
Kita sudah sering mendengar ataupun sering memanfaatkan Internet. Tahukah kamu apa sebenarnya Internet itu?? Bagaimana Internet itu boleh ada seperti sekarang??

Mari kita simak cerita dibawah ini:

Internet diambil dari 2 buah kata yaitu Interconnection dan Network.
Internet adalah kumpulan dari komputer-komputer yang saling berhubungan dalam suatu jaringan yang sangat luas (diseluruh dunia)
Setiap komputer yang terhubung dalam Internet pasti menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang memungkinkan setiap komputer dapat saling berhubungan dengan komputer lainnya yang terhubung dengan internet (dengan kata lain TCP/IP adalah penghubung antara 2 jaringan yang berbeda). Ketika kita menghubungkan komputer yang kita miliki dengan  internet, maka itu berarti kita sudah menjadi bagian dari jaringan internet dunia.
Selain internet, ada juga Intranet. Intranet adalah kumpulan dari komputer-komputer dalam suatu jaringan khusus (Private Computer Network).
Baik Internet dan Intranet, sama-sama berfungsi untuk mempermudah akses ke komputer yang lain yang ada dalam jaringan, tetapi perbedaannya adalah:
1.       Luas area yang berbeda. Jika Internet mencakup jaringan komputer di seluruh dunia, maka Intranet adalah mencakup jaringan komputer dalam area yang terbatas, misalnya dalam satu kantor atau perusahaan.
2.      Internet dapat mengakses semua komputer yang ada di seluruh dunia yang tersambung dengan internet, sedangkan Intranet hanya bisa mengakses komputer yang masuk dalam jaringan khusus itu.

Bagaimana Internet itu boleh ada sampai sekarang?

Mari kita simak kisah dibawah ini:
Cikal bakal lahirnya Internet dimulai pada
1.       tahun 1958, ketika itu masa perang dunia ke dua, dimana Departemen Pertahanan Amerika Serikat membentuk suatu badan penelitian atau lembaga riset yang diberi nama ARPA (Advanted Research Project Agency), yang tujuannya adalah untuk mengadakan penelitian tentang bagaimana cara menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki oleh Departemen Pertahanan Amerika menjadi satu jaringan sehingga lebih mudah menyimpan dan menyebar data sehingga lebih aman dan tidak hanya terpusat pada satu tempat saja. ARPA pada waktu itu dipimpin oleh Joseph Licklider. Penelitian ini mengalami kemajuan pada
2.      tahun 1965, dimana Larry Robert dan Thomas Marill yang bekerja sama dengan ARPA menemukan sebuah jaringan WAN (Wide Area Network). Jaringan ini menghubungkan antara komputer di Massachusetts Institut of Technologi dengan komputer yang berada di Santa Monica dengan menggunakan jaringan telepon. Dengan penemuan ini, maka diambil kesimpulan bahwa jaringan telepon dapat digunakan untuk mengirim/mentransfer data digital atau data komputer. Perkembangan selanjutnya terjadi pada
3.      tahun 1969, dimana pada waktu itu ARPA berhasil mengembangkan jaringannya sehingga dapat menghubungkan 4 institusi atau universitas yang sekaligus sebagai donatur atau penyandang dana untuk kegiatan ARPA, yaitu:
a.      University of California Los Angeles
b.      University of California Santa Barbara
c.       University of Utah
d.      Standord research Institute
pada tahun itu juga, ARPA menjadi ARPAnet (Advanted Research Project Agency network). Kemajuan berikutnya adalah pada
4.      tahun 1970, dengan ditemukannya sebuah aplikasi FTP (File Transfer Protocol) atau sebuah aplikasi yang memungkinkan terjadinya proses mengunduh file. Selanjutnya pada
5.      tahun 1982, karena semakin banyak komputer yang terhubung kedalam jaringan, maka dikembangkanlah sebuah protocol TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) yang berfungsi untuk menghubungkan dua buah jaringan yang berbeda. TCP/IP sampai sekarang masih tetap digunakan. Kemudian pada
6.      tahun 1984, ditemukan sebuah system aplikasi DNS (Domain Name System) atau system penamaan alamat. Dan kemudian pada
7.      tahun 1990, oleh Timothy Berners Lee seorang peneliti asal Inggris menemukan sebuah program browser yang dinamakan WWW (World Wide Web). Dengan perkembangan ini, maka pada
8.     tahun 1990-an, internet masuk ke Indonesia yang lebih dikenal dengan nama Paguyuban Network.
Sekarang ini, Internet bukan lagi hanya untuk sekedar membuat sebuah jaringan komputer untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya, namun Internet sekarang ini sudah memiliki bagitu banyak manfaat bahkan dampak negatif.
Dengan internet pula kita bisa mendapatkan layanan berupa:
1.       www (World Wide Web) atau lebih dikenal dengan web/website yaitu fasilitas internet yang dapat menampilkan/berisi kumpulan informasi baik berupa gambar, suara, atau video atau teks.
2.      E-mail (Electronic mail) yaitu fasilitas internet untuk mengirim surat. Dengan e-mail, kita dapat menyertakan dokumen atau pun gambar untuk dikirimkan. E-mail pertama kali dikembangkan oleh Ray Tomilson pada tahun 1972 yang sekaligus memperkenalkan ikon @ (baca et atau di) sebagai lambang e-mail. Ratu Inggris berhasil mengirim e-mail untuk pertama kalinya pada tanggal 26 Maret 1976 dari Royal Signal and Radar Establishment di Malvern.
3.      IRC (Internet Relay Chat) yaitu fasilitas internet untuk melakukan percakapan dengan orang lain dalam bentuk teks yang sekarang lebih dikenal dengan chatting.
4.      FTP (File Transfer Protocol) yaitu fasilitas internet untuk mengirim data dari komputer yang satu ke komputer yng lain. Proses mengirim data dari komputer kita ke koputer yang lain (internet) dikenal dengan istilah upload sedangkan mengambil data dari komputer lain (internet) ke komputer kita dikenal dengan download. Pengambilan data di internet biasanya melalui website.
5.      VoIP (Voice over Internet Protocol) yaitu fasilitas internet yang memungkinkan kita untuk melakukan percakapan di internet dalam bentuk suara.

Adapun manfaat internet secara garis besar dapat kita bagi menjadi 4 manfaat, yaitu:
1.       Kemudahan untuk memperoleh informasi
2.      Mendukung transaksi dan operasi bisnis
3.      Belajar secara on-line
4.      Sebagai sarana hiburan
Disamping itu, Internet juga memiliki dampak negatif yang cukup merugikan bagi pada penggunanya, antara lain:
1.       Orang lebih mudah menjiplak karya orang lain
2.      Kejahatan perbankan
3.      Penyebaran virus yang lebih mudah
4.      Kejahatan cybercrime dalam bentuk hacking (proses masuk secara paksa ke suatu situs yang dilakukan oleh hacker) dan kracking (kegiatan hacking yang tidak hanya masuk secara paksa namun juga mengambil dan merusak data dari situs tersebut).
5.      Pornografi
Dengan menggunakan Internet, kita mudah mendapatkan informasi ataupun hiburan yang kita inginkan, tetapi dengan Internet pula, kita bisa terpengaruh pada hal-hal yang dapat menyesatkan dan merusak masa depan kita. Karena itu, kita harus bijaksana dalam memanfaatkan Internet. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon berikan komentar anda tentang blog atau posting dalam blog ini.