Jumat, 06 Agustus 2010

Cara menghubungkan komputer ke internet

CARA MENGHUBUNGKAN KOMPUTER KE INTERNET

Untuk dapat melakukan koneksi internet maka tentunya kita harus memiliki tiga perangkat keras yang memang wajib ada untuk melakukan koneksi internet yaitu Komputer “udah paasti” Modem “udah pasti juga’ dan jaringan telepon tapi kalo kita menggunakan wireless, tentunya jaringan telepon tidak perlu kita gunakan mending pake khusus buat nelpon aja, karena wireless kan menggunakan sambungan berupa gelombang atau lebih kerennya kita katakan frekuensi radio. Nah lo kalo kita udah punya ketiga perangkat di atas, maka kita tentunya sudah bisa mulai mencari tau bagaimana caranya melakukan koneksi internet. Kalo belum punya apalagi ngga’ punya komputer, gimana bisa??? Bisa.... pake HP ajaaaa tul ngga’ tapi ngga puas. Ngga’ punya HP???? Ya beli.....

Nah untuk dapat menghubungkan komputer ke internet, tentunya kita harus menghubungi ISP (Internet Service Provider) terlebih dahulu sebagai penyedia jasa layanan internet. ISP adalah suatu badan atau perusahaan penyedia jasa layanan internet. Perkumpulan ISP di Indonesia diberi nama APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). Tanpa melalui ISP, tentunya kita tidak dapat melakukan koneksi internet. Karena ketika kita mendaftar ke ISP, kita akan diberi identitas untuk mengakses internet berupa user nama(nama pengguna) beserta password(kata kunci). Teknik akses ISP melalui saluran telepon dikenal dengan nama PPP (Point to Point Protocol). PPP merupakan sebuah protokol TCP/IP (Transmision Control Protocol/ Internet Protocol) yang umum digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke internet melalui saluran telepon dan modem. Kalo dulu, ISP itu identik dengan jaringan telepon, karena dulu, ISP menjual koneksi lewat atau akses internet melalui jaringan telepon. Tetapi sekarang, ISP tidak hanya menggunakan jaringan telepon, tetapi sudah menggunakan teknologi seperti jaringan TV kabel dan wireless.

Pelanggan yang berlangganan ISP, harus mengikuti aturan-aturan berlangganan yang ditetapkan oleh ISP. Biasanya setiap ISP memiliki kebijakan masing-masing. Kita sudah sering mendengar tentang layanan internet speedy. Nah, speedy adalah salah satu jenis layanan internet dari ISP telkom, yang menyediakan fasilitas koneksi 24 jam, dengan Bandwidth 384 Kbps hingga 1 Mbps. Dan untuk dapat mengakses internet dengan speedy, maka kita harus berlangganan lewat ISP telkom. Nah bicara soal koneksi dengan ISP, ada 2 tipe layanan ISP yaitu:

  1. Dial on demand: adalah layanan internet dimana pelanggan tidak terkoneksi secara terus menerus ke internet. pelanggan akan dibebani biaya berdasarkan lamanya melakukan koneksi internet. Contohnya adalah ketika kita menggunakan koneksi menggunakan modem wireless dengan menggunakan kartu telepon seluler, maka untuk mengakses internet kita tidak perlu mendaftar ke ISP, tetapi kita hanya cukup melakukan setingan koneksi internet pada komputer kita kemudian dengan dial nomor tertentu, maka kita sudah bisa mengakses internet.
  2. Leased line (jalur sewa): adalah layanan internet yang memberikan hak pakai terkoneksi selama 24 jam setiap hari karena didasarkan biaya sewa perbulan. Contohnya adalah speedy. Untuk dapat menggunakan speedy untuk mengakses internet, maka kita harus mendaftar terlebih dahulu dan menentukan besaran biaya sewa perbulan. Jenis koneksi seperti ini banyak digunakan pada warung internet (warnet, perusahaan atau kantor-kantor).

Untuk melakukan sambungan internet, ada 2 tipe koneksi layanan internet yaitu:

1. Koneksi Dial-Up: adalah koneksi internet yang dilakukan dengan menggunakan sambungan telepon dengan cara menghubungi nomor telepon tertentu melalui modem. Kecepatan transfer data untuk dial-up tidak terlalu cepat, namun biaya yang dikeluarkan lebih murah.

2. Koneksi Broadband: adalah koneksi yang selalu aktif dan mempunyai kecepatan mentransfer data dengan kecepatan tinggi.

Tipe koneksi broadband ada beberapa jenis, diantaranya:

    1. DSL (Digital Subscriber Line)
    2. Wireless Broadband
    3. Wi-Fi (Wireless Fidelity)
    4. Modem Kabel
    5. Serat Optik

Seperti yang sudah dipaparkan terdahulu bahwa untuk mendapatkan sambungan internet maka kita harus menghubungi ISP terlebih dahulu. Nah melakukan sambungan internet, maka kita harus memperhatikan:

  1. Biaya setup
  2. Biaya pemakaian
  3. Kebutuhan pemakaian
  4. Bantuan teknis

Nah supaya kita tidak salah dalam memilih ISP yang akan kita gunakan, maka kita harus memperhatikan syarat ISP yang baik yaitu:

  1. Mempunyai modem yang kapasitasnya besar dan banyak
  2. Mempunyai server dan sambungan telepon yang banyak
  3. Pelayanan yang diberikan cepat dan baik
  4. Harga (atau biaya sewa yang sesuai dengan bandwith yang ditawarkan)

Dengan memperhatikan hal-hal diatas, maka tentunya kita akan bisa mengakses internet dengan cepat, selain itu, koneksi tidak terputus-putus sehingga akan menambah waktu kita untuk melakukan akses internet, bahkan juga akan menambah biaya yang harus kita bayar.

nah, untuk dapat melakukan akses internet, maka yang harus kita persiapkan adalah:

  1. Komputer
  2. Modem
  3. Saluran telepon
  4. Software browser

Tidak ada komentar: